Jajanan yg lagi TREND!

Jajanan yg lagi TREND!

Recent Posts

Sabtu, 07 April 2012

Tidak Bisa Tidur? Kemungkinan Disebabkan 5 Hal Berikut

Sudah menghitung ratusan domba, membolak balikkan bantal, atau mengatur posisi tidur yg pas. Mata tertutup tapi pikiran kamu masih terjaga? Artinya kamu mengalami gangguan tidur. Ada sebagian orang yang menganggapnya insomnia. Namun sebenarnya ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan kamu tidak bisa tidur, diantaranya:


1. Tubuh kamu belum siap untuk tidur

Tubuh harus dalam keadaan yang sempurna dan santai untuk bisa tidur. Yang harus diperhatikan sebelum kamu tidur diantaranya: jangan melakukan hal-hal yang membuat tubuh kamu lelah, jangan makan terlalu banyak, jangan meminum minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau minuman berenergi, persiapkan tubuh dengan baik, bersihkan tubuh, dan santai.

Untuk lingkungan atau kamar tidur, kamu harus memperhatikan temperatur kamar, jika agak panas dan tidak ada AC bisa menggunakan kipas angin. Pilih seprai yang bersih dan nyaman, bantal, selimut, lampu, dan posisi tidur. Jika ada, gunakan aroma terapi yang bisa membuat kamu santai dan nyaman.

2. Stress

Ketika kamu sedang memikirkan suatu masalah dan stress. Maka otak akan mengirimkan pesan ke tubuh untuk mengeluarkan hormon yang meningkatkan kewaspadaan. Alhasil kamu tidak akan bisa tidur. Jika terjadi demikian, cobalah sharing ke orang yang kamu percaya atau dekat denganmu, atau bisa dengan cara menulis curhatan ke buku harian atau blog. Atau juga dengan mandi agar tubuh dan pikiran tidak stress.

3. Kamu tidak memiliki jadwal tidur

Seseorang yang sibuk biasanya tidur dengan ketidakteraturan. Kadang lebih awal, larut, atau sangat larut. Tidak memiliki jadwal tidur membuat tubuh tidak siap dengan perubahan keadaan tubuh. Jika tubuh masih memiliki stamina yang baik dan bugar, akan sulit jika ingin tidur lebih awal. 

Usahakan memiliki jadwal tidur, misalkan selalu berusaha tidur pada pukul 23. Walaupun tidak setiap hari, namun lama kelamaan tubuh akan merespon positif jika kita ingin tidur pada jam yang sudah dijadwalkan.

4. Kamu terganggu dengan gadget-gadget mu

Jika kamu sudah dalam posisi berbaring di tempat tidur, berarti tujuanmu cuma satu yaitu tidur. Jangan menonton tv, mendengarkan musik, bermain game di hape, membuka-buka aplikasi di smartphone mu, mengecek email, melihat-lihat pekerjaan di laptop, atau lainnya yang dapat membuat otak berpikir lebih keras. 

5. Minum obat 

Ada beberapa obat yang menimbulkan efek ngantuk, namun ada juga yang membuat tubuh terjaga atau mempercepat denyut jantung dan laju peredaran darah. Hasilnya kamu tidak akan bisa tidur dengan cepat. Jika memang dalam pengobatan dan harus minum obat, usahakan minum obat 2-3 jam sebelum tidur, kecuali ada obat tidurnya.

Artikel Terkait Lainnya:



0 komentar:

Posting Komentar