Jajanan yg lagi TREND!

Jajanan yg lagi TREND!

Recent Posts

Rabu, 18 April 2012

11 Hal Penting Untuk Kesehatan Gigi

Perawatan gigi yang buruk dapat merusak gigi, dan kerusakan pada gigi dapat mengubah dan mengganggu penampilan seseorang. Bukan hanya itu, gigi yang tidak sehat dapat menyebabkan masalah-masalah kesehatan lain seperti serangan jantung, stroke, hilang ingatan, impotensi, dan juga kerutan pada kulit.

Berikut adalah saran dari Dr. Roizen, Dr. Oz, dan Dr. Arthur Perry, serta penulis dan dokter gigi terkenal Dr. Jonathan Levine dari America untuk menjaga gigi tetap bersih dan kuat:

pic: 2009 jupiterimages

1. Sikatlah gigi 2 kali sehari

Kebanyakan orang menyikat gigi dengan cara yang kurang benar. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan mengenai menyikat gigi yang baik dan benar menurut Dr. Levine:
- Gunakan sikat gigi dengan ujung membulat dan bulu sikatnya halus.
- Sikatlah gigi 2 kali sehari selama 30 detik di setiap kuadran, atau kalau ditotal yaitu selama 2 menit.
- Sudut menyikat gigi adalah 45 derajat ke garis gusi (jika ingin bulu sikat sampai ke bawah gusi, sikatlah dengan lembut).
- Gantilah sikat gigi setiap 30 - 45 hari, karena kepala sikat gigi adalah pelabuhan bakteri.
- Gunakan pembersih sikat gigi, dan pastikan sikat gigi selalu berada dalam keadaan kering(dihentak-hentakkan) setelah dipakai dan taruh di tempat yang kering juga. Sikat gigi yang basah membuat sikat gigi tersebut cepat rusak dan memperbanyak bakteri dan kotoran.

2. Pasta gigi

Pasta gigi yang digunakan tidak terlalu penting, apa saja pasta gigi yang kita suka boleh digunakan. Menurut Dr. Levine, gigi yang mulai rusak atau berlubang membutuhkan pasta gigi dengan kandungan flouride yang tinggi.

3. Membenang gigi

pic: 2009 jupiterimages
Membenang gigi adalah cara membersihkan gigi dengan benang. Jika tidak membersihkan gigi dengan benang, maka sama saja tidak membersihkan 40 persen di setiap gigi yang dapat menyebabkan kerusakan atau pembusukan gigi kata Dr. Roizen. Dan jarang sekali orang yang melakukan hal ini, khususnya di Indonesia. Hal ini sebenarnya sangat penting untuk kita lakukan untuk diri sendiri. Membenang gigi yang benar mengkontribusi kesehatan gusi yang baik dan mengurangi resiko terjadinya serangan jantung dan masalah lainnya.

4. Mouthwash / Pencuci mulut

Ceklah kadar alkohol dari mouthwash yang digunakan. Alkohol dapat membuat mulut kering, menurunkan keseimbangan pH di dalam mulut, dan membunuh mekanisme perlindungan dalam saliva (air liur). Jika ada, gunakan mouthwash yang bebas alkohol.

5. Mengunyah permen karet khusus gigi

Permen karet khusus gigi bertindak sebagai exfoliant, membersihkan plak dan noda, melatih otot mulut, dan meningkatkan aliran saliva. Tapi pastikan permen tersebut sugar free alias bebas gula.

6. Melawan bau mulut

Banyak orang mengalami masalah bau mulut tapi tidak menyadarinya. Karena memang sulit untuk menyium bau napas sendiri kata Dr. Oz. Bernapaslah di depan wajah seseorang yang kamu percaya dan tanyakan apakah bau mulut kita bisa diterima olehnya. Jika memiliki masalah bau mulut, gunakan pembersih lidah untuk membersihkan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Jika bau mulut masih melanda, konsultasikan hal ini pada dokter gigi. Karena bau mulut bukanlah masalah kecil yang bisa diabaikan.

7. Berhentilah menggiling gigi (menggesek-gesekkan gigi rahang atas dan bawah)

Tanyakan pada dokter gigi tentang memakai pelindung mulut jika kita sering menggiling gigi pada malam hari. Menggiling gigi bisa bertanda stres, dan jika terus melakukannya bisa menurunkan gigi atau lebih tepatnya memperlebar wajah, kata Dr. Perry. "Otot di bawah rahang akan membesar saat kita menggiling gigi dan saat kita tidur dimalam hari" katanya lagi.

8. Lindungi bibir

Dr. Perry menyarankan untuk menggunakan lip balm atau lip gloss. Bibir bisa kering dan terbakar oleh matahari dan cuaca panas, dan bisa berlanjut menjadi kanker kulit. Jika ada gunakan lip balm atau lip gloss yang mengandung beeswax atau lilin lebah.

9. Temui Dokter gigi

Jika memiliki masalah yang belum diketahui pada gigi atau mulut, temui dokter gigi. Jangan anggap remeh masalah yang terjadi pada gigi karena kesehatan gigi sangat penting. Dapatkan informasi yang tepat mengenai masalah pada gigi dan juga solusinya.

10. Daftar tes penting

Ketika datang ke dokter gigi baru atau melakukan checkup gigi 6 bulanan, usahakan menanyakan tes-test penting ini:
- Xrays, untuk mengecek apakah ada retak atau rongga pada gigi.
- Temporomandibular Joint (TMJ) Syndrome, mengepalkan tangan, menggiling gigi, dan perlakuan yang buruk pada gigi bisa menyebabkan gangguan ini. Mesk tidak menyadari tanda-tandanya (sakit kepala dan sakit rahang), dokter gigi lebih mengetahuinya.
- Periodontal exam, gangguan gusi.
- Oral cancer, di dalam gigi dan kelenjar pada area leher harus di cek setiap tahun.
- Oral surgery

11. Memutihkan gigi
Dr. Levine mengatakan jika kita memutuskan untuk memutihkan gigi, cara terbaik adalah dengan berkonsultasi ke dokter gigi. Metode apakah yang paling bagus. Karena tidak semua sistem pemutihan gigi aman atau cocok dengan kita. Oleh karenanya harus berhati-hati atau bisa berakibat buruk.


Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait Lainnya:



0 komentar:

Posting Komentar