Jajanan yg lagi TREND!

Jajanan yg lagi TREND!

Recent Posts

Senin, 09 April 2012

Apa anda termasuk dalam 5 ciri orang kreatif?


     
Apakah anda merasa diri anda kreatif?, Anda mungkin langsung berpikir tentang keputusan-keputusan yang pernah anda ambil dimasa lalu, tapi mungkin saja anda malah bertanya, apa arti dari kata kreatif. Kenapa kreatif? Karena dengan kreatif kita akan mampu hidup lebih baik, mampu mengubah segalanya lebih tepat guna dan tentu saja lebih menyenangkan. Berikut lima (5) ciri orang kreatif. Dan semoga setelah ini, anda mampu mengidentifikasikan diri anda. Apakah anda seorang yang kreatif. Tapi  jika anda bukan orang kreatif, anda akan mampu menjadin kreatif dengan memulai melakukan beberapa kebiasaan orang kreatif berikut

1. Menghargai ide.
    Anda harus menghargai segala ide yang terlintas. Anda tak menilainya diawal. Anda akan punya buku catatan tentang ide-ide anda. Ini bukan sekedar ide dalam hal menulis atau ide film. Ini bisa berkaitan dengan kehidupan, misalnya ide usaha baru untuk pendapatan tambahan. Tapi jika anda sering berkata, “ide konyol, tidak mungkin, tidak serius,” Anda bukanlah orang kreatif.
2   2.  Menggunakan hak pilihnya.

Hak memilih disini tidak sama sekali berkaitan dengan Pemilihan Presiden. Tapi tentang hak pilihnya untuk mengambil keputusan. Orang kreatif takkan melakukan dengan satu cara yang membosankan. Dia akan mulai selalu mencari pilihan-pilihan baru yang lebih baik. Ia bisa memilah dan mencari hal-hal baru yang bisa mendukung pilihanya itu menjadi lebih baik. Ini juga berarti orang kreatif memang sering berada pada ketidakpastian. Mereka melihat semua celah dan jurang kekurangan, lalu mereka menggunakan imajinasi mereka lalu bertindak untuk menutupi kekurangan dan jurang-jurang itu.  Ia akan mampu mempengaruhi dan memimpin orang lain karena keputusannya selalu lebih unggul.
3     
     3. Orang kreatif biasanya aneh.

Mengapa aneh? Karena orang kreatif memang suka pada sesuatu hal yang lain dari pada yang lain. Semisal dia lebih suka berpikir sambil jalan-jalan daripada sambil mengetuk-ngetukan pensil ke dahi, mereka lebih suka menggunakan waktu tidur malamnya untuk melamun dari pada tidur karena esok takut terlambat berangkat sekolah atau bekerja. Dari arti kata kreatif sendiri yang berhubungan erat dengan kata unik, cara baru atau lain dari pada yang lain. Maka jika kita menemui orang aneh, mungin saja mereka punya ide-ide segar dan brilian yang sebelumnya tak pernah dipikirkan orang kebanyakan. Karena cara pikir mereka memang tidak biasa.
4    4.  Bertanya adalah senjata utama.
   
Bertanya membuka peluang kita untuk mendapatkan pengetahuan baru. Dengan pengetahuan baru itu otomatis kita akan menemukan informasi baru, untuk melakukan sesuatu dengan cara baru. Bertanya bukanlah bukti bahwa kita tidak tahu apapun, tapi bertanya bukti bahwa kita tahu apa yang kita tidak tahu. Ini justru menjadi buki bahwa kita benar-benar  menggunkan otak kita dan berniat mengisi kekosongan-kekosongan informasi di kepala kita. Maka ini tentu saja bukan cara orang bodoh. Ini cara orang pintar untuk jadi lebih pintar, cara orang kreatif untuk menjadi lebih kreatif.
 
5Orang kreatif itu bukan seorang penemu.
  
Apa anda berpikir bahwa seorang kreatif adalah seorang yang selalu menemukan hal baru? Bukan. Orang kreatif itu seorang yang mampu menutupi sumbernya sampai terlihat seperti ciptaanya.  Bukan berarti ia menutup-nutupi sumber dan berbohong bahwa itu adalah hasil ciptaanya. Tapi dari sumbernya ia mampu menambal dan mengurangi sehingga yang tampak akan lebih baik. Apa yang terjadi jika semuanya menjadi lebih baik. Anda tentu saja akan merasa lebih baik pula.

Ayo mulai menjadi pribadi yang kreatif. Nikmati hidup tanpa merasa terikat. Lepaskan segala yang ingin keluar dari dalam diri. Siapa tahu kekreatifan andalah yang akan membawa anda pada kesuksesan hidup anda.


Artikel Terkait Lainnya:



0 komentar:

Posting Komentar