Jajanan yg lagi TREND!

Jajanan yg lagi TREND!

Recent Posts

Kamis, 12 April 2012

4 Tips Untuk Tetap Produktif Disaat Stres

Alangkah produktifnya kita ketika sedang merasa sehat, bugar, dan bersemangat. Segala pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik dan lancar. Namun, ada saja hari-hari di mana kita berada pada situasi stres, suntuk, dan tidak bersemangat, entah itu disebabkan karena masalah pribadi ataupun lainnya. Rasanya malas dan sulit untuk mengerjakan apa-apa yang tentunya dapat mengganggu atau menurunkan performa kerja kita. Nah, ketika kita mengalami hal tersebut cobalah beberapa tips berikut agar tetap dapat produktif :

pic: pickthebrain.com

1. Berilah dirimu kelonggaran dalam bekerja 

Langkah pertama untuk bisa tetap produktif ketika dalam keadaan stres dan tidak bersemangat adalah menerima fakta bahwa hari ini kita akan bekerja dalam keadaan yang tidak maksimal. Jangan memaksakan untuk bekerja keras. Utamakan mengerjakan hal-hal yang penting dulu, santai tapi pasti. Dan disela-sela beraktifitas, cobalah pikirkan hal-hal lain yang kamu sukai atau yang ingin dilakukan untuk mengurangi stres, seperti ingin makan (makanan kesukaan) apa nanti sore, ingin nonton film apa nanti malam, dan lainnya yang dapat menciptakan perasaan suka atau senang sehingga bisa memotivasi dan mengumpulkan energi untuk menjalani hari ini dengan lebih baik.

2. Batasi segala sesuatu yang kamu konsumsi

Di saat stres memuncak, kita biasanya melahap makanan dan minuman apa saja yang disuka maupun yang tidak suka. Makan dengan banyak dan tidak sehat, junk food, alkohol, obat antidepressant, dan lainnya. Mengkonsumsi makanan dan minuman serta obat anti stres atau anti galau hanya akan memperburuk keadaan dan membawa dampak negatif. Stres sedikit hilang, namun tubuh akan merasa lebih malas dan lebih tidak bersemangat serta semakin tidak produktif. Belum lagi efeknya yang dapat berkelanjutan ke hari-hari berikutnya.

Cobalah untuk tetap menjalankan pola hidup sehat di saat stres, meski tingkat stres tinggi dan mengharuskan mengkonsumsi obat antidepressant. Tetap konsumsi makanan dan minuman sehat secukupnya. Setelah makan, minum, dan obat, lakukan aktifitas dengan santai dan biarkan makanan, minuman, dan obat yang dikonsumsi bekerja dan mengumpulkan energi untuk tubuh agar tetap bisa bekerja dengan produktif.

3. Sistem pendukung adalah alat terbaik

Alat terbaik dan paling efektif untuk memberi kita semangat dan kekuatan di saat kita stres adalah sistem pendukung. Yang dimaksud sistem pendukung di sini adalah jaringan orang-orang tersayang yang berada di sekitar kita, yaitu keluarga, teman dekat, kekasih, ataupun teman kerja. Orang-orang tersebut tidak hanya memberikan bantuan fisik dan pencerahan, tapi juga bisa menjadi sumber inspirasi yang memotivasi, mendukung secara emosional, dan tempat mengumpulkan kekuatan untuk diri kita baik itu fisik dan juga mental.

4. Menjaga keseimbangan fisik
Jika menginginkan perubahan terbaik pada diri sendiri untuk tetap produktif, maka selalu berusahalah untuk makan dan tidur dengan benar dan melakukan beberapa latihan-latihan fisik. Tidak hanya itu, hindari juga konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat seperti junk food, alcohol, cafein, gula, soda, dan lainnya. Perhatikan selalu nilai nutrisi dan gizi yang dikonsumsi.

Dengan sedikit kepedulian dan kebiasaan yang baik, akan berdampak baik pula pada tubuh. Menjadikan tubuh seimbang, menjadikan tubuh sehat. Dan ketika stres melanda tubuh yang sehat, maka stres bisa diatasi dengan lebih mudah dan dapat tetap produktif.


Semoga bermanfaat.



Artikel Terkait Lainnya:



2 komentar:

macam obat mengatakan...

wah sangat bermanfaat sekali infonya .... oke di coba

gagal ginjal mengatakan...

info yang bagus gan .....??

Posting Komentar