Jajanan yg lagi TREND!

Jajanan yg lagi TREND!

Recent Posts

Sabtu, 23 April 2011

10 Elemen Desain Blog yang Harus Diperhatikan

Kebanyakan blog-blog populer memiliki elemen desain blog yang umum. Berikut adalah 10 elemen desain blog yang penting agar kamu tidak kehilangan pengunjung hanya karena blog kamu tidak menarik khususnya bagi blogger pemula.
picture by HendraDewantara 

1. Teks Yang Mudah Dibaca. Setiap postingan harus mudah dibaca. Artinya font yang kamu gunakan harus cukup terlihat dan mudah untuk dibaca. Jangan menggunakan font yang aneh-aneh yang menyebabkan pengunjung blog kamu harus menerawang lebih dalam hanya untuk membaca postinganmu.

2. Warna atau Tema yang Menarik. Gunakanlah warna background yang cerah (putih adalah warna terbaik) dengan warna teks gelap. Atau bisa juga menggunakan tema blog dengan pewarnaan yang baik dan menarik.

3. Navigasi yang Mudah. Memudahkan pengunjung blogmu dalam menjelajahi isi blog atau mencari postingan yang dicari.

4. Halaman yang Pendek. Banyak orang tidak suka melakukan scroll. Buatlah halaman blogmu tidak memanjang ke bawah dengan mengaturnya agar tidak lebih dari 10 postingan blog dalam satu halaman.

5. Fungsi Pencarian/Search. Mudahkan pengunjung blogmu dalam menemukan artikel terkait, konten yang lebih spesifik, dan arsip postingan dengan menambahkan kotak search/pencarian pada sidebar atau header.

6. Biografi atau Profil Blogger. Jangan takut menampilkan siapa kamu sebenarnya. Karena banyak pengunjung blog yang ingin tau siapakah sang pemilik blog dan mudahkan pengunjung blog berinteraksi dengan pemilik blog.

7. Contact Form dan Link Media Sosial. Cara terbaik blogger membangun hubungan dengan para pembacanya, membagi informasi, dan untuk mengenal kamu si penulis blog. Buat mereka mudah berkomunikasi dengan mu dengan menyediakan sebuah Contact Form atau sebuah link email mu. Bisa juga dengan menyediakan link ke sosial media milikmu seperti facebook, twitter, Link In, dan lainnya agar hubungan antara blogger dan pembaca dapat terjalin dengan baik.

8. Footer yang Berguna. Jangan lupa tentang footer blog mu. Ketika orang tidak bisa menemukan apa yang mereka cari dalam sebuah website, mereka biasanya melakukan scroll ke footer untuk menemukan situs tambahan seperti link kontak, link site map, dan lainnya.

9. Link Subscription. Jangan lupa juga menambahkan sebuah link dan tombol di bagian atas blog untuk pembaca yang ingin melakukan subscribe ke RSS feed blog mu. Subscribers biasanya akan menjadi pembaca setia blog mu.

10. Tenang. Janganlah menggunakan musik pada blog mu. Jika memang harus ada musik di blog mu, berilah pilihan kepada pengunjung blog apakah mereka ingin memainkan musik tersebut. Jangan biarkan musik secara otomatis dimainkan di blog mu, karena kebanyakan hanya berdampak negatif.


Source http://www.about.com - written & edited by HendraDewantara

Artikel Terkait Lainnya:



0 komentar:

Posting Komentar