Jajanan yg lagi TREND!

Jajanan yg lagi TREND!

Recent Posts

Jumat, 13 April 2012

6 Cara Efektif Menghilangkan Rasa Gugup

Sebenarnya, merasa gugup itu adalah suatu hal yang baik. Gugup menandakan atau memperingatkan bahwa mungkin kita melangkah di luar zona nyaman. Gugup juga perasaan normal ketika kita sedang menghadapi suatu masalah, ketidakpastian, menunggu hasil, atau lainnya. Namun, akan menjadi masalah jika perasaan gugup itu menjadi berlebihan atau muncul pada situasi yang tidak pas yang dapat mengganggu atau mengurangi performa pada diri kita dan membatasi kita dalam mengembangkan dan menampilkan potensi diri. Untuk mengatasi hal tersebut, satu-satunya jalan adalah dengan mengurangi intensitas tingkat kegugupan yang dirasakan.

Berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan perasaan gugup berlebih:

Nervous

1. Fokus pada tujuan dari situasi yang dihadapi

Kita sering merasa gugup pada hal-hal yang konyol atau tidak perlu seperti bagaimana orang lain berpikir tentang penampilan kita. Solusi yang baik untuk mencegahnya adalah dengan fokus pada tujuan dari situasi yang dihadapi, bukannya fokus pada bagaimana perasaan seseorang terhadap diri atau penampilan kita. Contohnya pada saat interview kerja. Pikirkanlah tentang kualifikasi yang mereka butuhkan dan bagaimana kita memenuhi kualifikasi tersebut dan mendapatkan pekerjaan itu.

2. Ada seseorang bersamamu

Cara yang cerdas dalam melepaskan diri dari situasi adalah adanya seseorang yang bisa kita ajak bicara untuk membantu tetap fokus pada tujuan dalam situasi yang dihadapi. Contohnya ketika kita ingin bertemu dengan seseorang, bicaralah pada seorang teman, tanyakan beberapa hal bagaimana harus bertindak dengan baik. Membicarakan solusi yang terbaik. Hal ini dapat membuatmu lebih fokus pada hasil dari interaksi.

3. Tetap sibuk

Salah satu penyebab munculnya perasaan gugup adalah kamu memiliki waktu untuk gugup. Jika kita tetap sibuk dan fokus pada objektif dari suatu situasi, maka tidak akan ada waktu untuk merasa gugup.

4. Mengetahui apa yang ingin kamu katakan

Mengetahui apa yang ingin dikatakan dan bagaimana kita akan mengatakannya akan menghindari diri dari rasa gugup karena kebingungan tidak tahu apa yang harus dikatakan dan memikirkan bagaimana hasilnya nanti.

5. Berpikir positif dan berasumsi terbaik

Ketika kita memikirkan sesuatu, kita akan berasumsi bagaimana hal tersebut akan berjalan dan bagaimana hasilnya. Selalu berpikir positif dan berasumsi yang terbaik sesuatu tersebut akan berjalan dengan baik dengan hasil yang baik pula. Maka rasa gugup akan jauh berkurang.

6. Gunakan pakaian yang membuat kita percaya diri

Ketika kita berpakaian dengan baik, maka kita akan merasa baik. Berpakaian dengan baik juga menunjukkan bahwa kita menghormati diri sendiri dan juga orang lain di sekitar. Dan berpakaian yang pas dan stylish dapat membuat percaya diri dan mengurangi kegugupan.


Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait Lainnya:



2 komentar:

Anonim mengatakan...

ini dia tips yang saya butuhkan,trims ya gan tipsnya akan saya coba....

tiar mengatakan...

Thanks gan. Besok saya coba. 😫

Posting Komentar